Home / Program Studi Administrasi Publik (S1)

Program Studi Administrasi Publik (S1)

Program Studi Administrasi Publik berada di bawah naungan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Univesitas Dehasen Bengkulu berdasarkan Kepmendikbud RI Nomor: 471/E/O/2013. Program Studi Administrasi Publik berorientasi menjadikan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keahlian (skill) di bidang administrasi, kebijakan, dan pelayanan publik, peka dan bisa berpartisipasi dalam proses administrasi, penentuan kebijakan dan penyelenggara pelayanan publik, metode pelayanan publik dan perumusan kebijakan publik,  serta sistem informasi manajemen yang dapat berkontribusi dalam manajerial pemerintahan daerah, menjadi agen pembaharu dan menjalin kemitraan dengan stakeholder dalam bentuk advokasi dan bermitra bersama untuk mencapai tujuan bersama, serta mampu berpikir kritis yang berhubungan dengan displin ilmu dalam rumpun Ilmu Administrasi Publik.

Visi

“Menjadi Program Studi Administrasi Publik yang Unggul dalam Bidang Kebijakan Publik dan Administrasi Pemerintahan Daerah Berbasis Kewirausahaan Tingkat Nasional Tahun 2034.”

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi di Bidang Kebijakan Publik dan Administrasi Pemerintahan Daerah yang Berbasis Kewirausahaan.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang Administrasi Publik yang mengangkat isu spesifik, universal dan kekinian.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang Administrasi Publik sebagai bentuk keterlibatan civitas akademika dalam melayani publik sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tata kelola program studi berdasarkan prinsip-prinsip Good Study Program Governance.

 Tujuan

  1. Mengahasilkan lulusan yang cerdas, berbudi pekerti serta memiliki kompetensi akademik profesional di bidang Administrasi Publik serta memiliki kemampuan kewirausahaan.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian untuk mengembangkan dan menerapkan IPTEK, menunjang pengembangan materi pembelajaran dan publikasi ilmiah.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang Administrasi Publik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyediakan sistem tata kelola yang baik di Program Studi Administrasi Publik dalam menjamin terselenggaranya layanan prima kepada stakeholders di bidang akademik serta mewujudkan lingkungan dan suasana akademik yang kondusif untuk mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai upaya mengembangkan sistem penjamin mutu internal di Program Studi Administrasi Publik.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Administrasi Publik disiapkan agar dapat berkompetensi sebagai:

  1. Manajer publik pada tingkat operasional yang mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelesaian tugas dan masalah
  2. Birokrat dan Administrator publik pada instansi pemerintah atau organisasi nirlaba lainnya
  3. Konsultan Publik yang mampu memberi masukan dalam pembuatan keputusan strategis
  4. Wirausaha yang mampu untuk membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru dan aturan baru dengan mengkombinasikan berbagai sumberdaya sehingga dapat diterima dan memberi manfaat kepada masyarakat secara etis dan bertanggung jawab, serta memiliki kemampuan untuk menghasilkan dan menentukan cara-cara untuk menghasilkan produk/jasa, merencanakan dan memasarkannya, serta mampu mengatur aspek-aspek permodalan dan dampak yang ditimbulkan dari aktifitasnya, dan
  5. Peneliti yang memiliki kemampuan untuk menguasai pendekatan, metode, dan kaidah ilmiah dalam bidang Administrasi Publik.

Peluang kerja

Lulusan Administrasi Publik (S1) memiliki peluang kerja diantaranya; manajer publik, birokrat dan administrator publik, konsultan publik, wirausaha, peneliti dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by keepvid themefull earn money