Digitalisasi UMKM dan Peningkatan SDM

Dalam rangka melakukan percepatan digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Dosen Ilmu Komunikasi melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat menggandeng Radio Dehasen 88.5 FM (21/12/2021).

Ibu Sapta Sari, M.Si dan Ibu Indria, S.I.Kom selaku dosen Ilmu Komunikasi mengundang Anisa sarah (Owner Be. Beauties) dan Pempek Ibu Aladin dan dipandu langsung oleh Penyiar Radio Dehasen Anindia Safitri, S.I.Kom.

Tolkshow ini membahas tentang digitalisasi UMKM, karena saat ini di Provinsi Bengkulu penggunaan digitalisasi untuk membantu kegiatan UMKM masih sangat tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Sarah selaku Owner Be Beauties sendiri sudah menggunakan E commerse sejak 2020 untuk membantu usahanya di bidang kecantikan berjualan masker wajah dan obat diet sehingga dapat mencakup target pasar yang luas hingga seluruh wilayah yang ada di indonesia.

Sedangkan narasumber kedua Pempek Ibu Aladin beliau menyampaikan bahwasanya ia sudah memanfatkan Sosial Media Facebook untuk menjual dagangannya. Tetapi beliau ingin memperluar target pasarnya dengan memanfaatkan E commerse, selama ini ia belum memanfaatkan platform tersebut dikarenakan masih gaptek dan tidak ada yang  membimbing.

Ibuk Sapta dan Ibuk Indria menyampaikan dalam dialog digitalisasi UMKM dan peningkatan SDM melalui Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Prodi Ilmu Komunikasi mengajakk pelaku UMKM untuk memulai melakukan penjualan menggunakan E commerse yg penggunaannya sangat mudah dan  dapat mencakup target pasar yang luas.

“Untuk dibengkulu sendiri penggunaan digitalisasi masih tertinggal. Sehingga peranan masyarakat, tenaga pendidik, mahasiswa dan juga pemerintah agar dapat membantu dan mendampingi pelaku UMKM sangat diperlukan agar mereka bisa memanfaatkan digitalisasi untuk memajukan usaha mereka dan terciptanya peningkatan sumber daya manusia sehingga terjadi peningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakan perekonomian di indonesia” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.