Home / Profil Fakultas

Profil Fakultas

Keberadaaan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Dehasen Bengkulu merupakan salah satu upaya dalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan memenuhi  kebutuhan masyarakat dalam bidang ilmu-ilmu sosial. Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Dehasen Bengkulu ini merupakan bagian dari program pengembangan institusi di Universitas Dehasen Bengkulu dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten di bidang Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Publik maupun Ilmu sosial lainnya. Terbentuknya Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Dehasen Bengkulu ini dilatarbelakangi pertimbangan bahwa adanya perubahan sistem ketatanegaraan yang berimplikasi pada dinamika politik lokal dan otonomi daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk mewujudkan keterjangkauan dan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat bagi kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan, diperlukan penataan pendidikan tinggi secara terencana, terarah, dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek demografis dan geografis. Penyelenggaraan pendidikan tinggi diperlukan pengaturan sebagai dasar dan kepastian hukum.  Selain itu tuntutan globalisasi yang terjadi dalam segala aspek, kini telah semakin dirasakan peningkatan kebutuhan sumberdaya manusia yang memiliki kualitas yang handal dan kompeten dengan kualifikasi yang semakin tinggi. Dalam konteks pembangunan regional, kebutuhan tenaga profesional baik oleh lembaga perguruan tinggi di wilayah Provinsi Bengkulu semakin meningkat. Namun hal ini masih kurang didukung oleh supply yang masih kurang memadai. Dengan tingginya kebutuhan dan supply yang terbatas tersebut maka sumberdaya manusia yang ada harus memiliki tingkat kompetensi yang tinggi.

Kebutuhan otonomi daerah yang searah dengan penguatan pemberdayaan masyarakat sipil, menjadi sangat relevan dengan pembangunan sumber daya manusia yang baik dalam arti luas. Salah satu outputnya adalah masyarakat lebih mampu memahami perkembangan peranan social yang bertanggung jawab. Oleh karena itu dibutuhkan penguatan dalam proses pendidikan di bidang Sosial. Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Dehasen berkonsentrasi pada penguatan dan peningkatan kapasitas masyarakat yang mampu berfikir kritis, analitik, kreatif dan membantu memecahkan masalah-masalah social dalam masyarakat dengan berbagai dampaknya dalam upaya menjawab tantangan era globalisasi.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 39/D/O/2008 dan diperpanjang dengen izin penyelenggaraan operasional berdasarkan keputusan Dirjen Dikti Nomor: 7097/D/T/K-II/2011 perihal: Penugasan Penyelenggaraan Program Studi pada Universitas Dehasen Bengkulu, salah satu program studi yang diberi mandat untuk diselenggarakan di Universitas Dehasen adalah Program Studi Komunikasi dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi.

Dengan demikian sebagai wadah dari  1 (Satu) Program studi yang  telah ada maka di bentuk Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Dehasen. Selanjutnya  berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 471/E/O/2013 Tanggal 1 Oktober 2013 Perihal Penyelenggaaraan Program Studi di Universitas Dehasen. Dimana salah satu programa studi yang dimandatkan yakni Program studi  Ilmu Administrasi Publik (S1). Dengan demikian Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Dehasen telah memiliki 2 program studi yakni :

  1. Program Studi Ilmu Komunikasi (S1);
  2. Program Studi Ilmu Administrasi Publik (S1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by keepvid themefull earn money