Home / Profil Fakultas

Profil Fakultas

Universitas Dehasen Bengkulu didirikan berdasarkan Kepmendiknas Nomor : 39/D/O/2008 tanggal 17 Maret 2008. Universitas Dehasen merupakan pengembangan (wider mandate) dan penggabungan beberapa perguruan tinggi yayasan milik Yayasan Dehasen, yaitu:

  1. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK)
  2. Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE)
  3. Akademi Teknologi Pertanian (ATP)

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 54/D/O/1998 tanggal 14 Juli 1998, yang sebelumnya bernama Akademik Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 050/O/1990 tanggal 08 Agustus 1990.

Demikian juga halnya pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dehasen. Awalnya adalah Akademi Keuangan dan Perbankan (AKUBANK) yang didirikan tahun 1992. AKUBANK memperoleh status terdaftar berdasarkan Keputusan Mendikbud No. 03/D/O/1993. Lima tahun kemudian AKUBANK ditingkatkan statusnya menjadi sekolah tinggi Ekonomi (STIE) Dehasen berdasarkan Kepmendikbud RI Nomor : 32/D/O/1998 tanggal 25 Mei 1998, sedangkan Akademi Teknologi Pertanian (ATP) Dehasen berdiri berdasarkan Kepmendikbud RI Nomor : 065/D/O/1998 dengan program studi yang dibuka adalah D3 Teknologi Pangan.

Berkat landasan yang kuat, visi yang jelas dan dedikasi yang tinggi serta berkesinambungan, lembaga ini terus berkembang. Disamping itu oleh karena banyaknya peminat dan pesatnya pertumbuhan dan berkat makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tenaga – tenaga handal dalam bidang teknologi informasi, manajemen, maka dengan kerja keras semua sivitas akademik bersama Yayasan Dehasen, maka sejak 17 April 2008 diresmikanlah berdirinya Universitas Dehasen Bengkulu.

Dengan demikian sejak tanggal 17 Maret 2008, Universitas Dehasen (UNIVED) Bengkulu Berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah yang terdiri dari 6 fakultas diantaranya; Fakultas Ilmu Komputer, Ekonomi, Pertanian, Teknik, Sastra, dan Ilmu-ilmu Sosial.

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi Universitas Dehasen didirikan untuk turut menyiapkan masyarakat memasuki “Era Masyarakat Informasi”, masyarakat dengan tingkat peradaban yang sangat tergantung pada informasi dan teknologi komunikasi dalam kehidupannya.

Perkembangan industri media cetak elektronik, jasa periklanan dan teknologi jaringan telekomunikasi memberikan peluang bidang kerja komunikasi yang semakin populer dan banyak diminati untuk menunjang eras masyarakat informasi, Bidang-bidang kerja Komunikasi tersebut memerlukan tenaga-tenaga yang berkualitas dan sumberdaya manusia yang memiliki pengetahuan dibidang komunikasi, serta turut menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam bidang ilmu komunikasi, maka Universitas Dehasen membuka program studi S1 Ilmu Komunikasi (gelar: S. IKom).

Pada Awal berdiri, Fakultas Ilmu-ilmu Sosial hanya memiliki satu program studi, yakni program studi Ilmu Komunikasi. Namun seiring dengan kebutuhan pengembangan lembaga dan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, maka pada tahun 2015 didirikanlah program studi Administrasi Publik (gelar: S. AP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by keepvid themefull earn money